Sudah beberapa hari work from home? Mulai bosan? Atau mulai merasa tidak produktif? Coba lakukan beberapa tips berikut ini agar kamu tetap produktif selama masa work from home.

1. Bangun Lebih Pagi
Work from home bukan berarti kamu jadi bisa leha-leha dan bangun lebih siang. Jika kamu ingin produktif, lebih baik bangun lebih awal untuk memulai aktivitas. Dengan bangun jam 6 pagi, kamu bisa memanfaatkan waktu selama 30 menit untuk olahraga, sarapan, dan mandi pagi. Bahkan jika masih ada waktu sebelum jam kerja, kamu bisa selesaikan semua pekerjaan rumah dulu. Cara ini cukup efektif untuk membuat kita lebih fokus selama jam kerja.

2. Siapkan Meja Kerja dan Berpakaian Kerja
Untuk mendukung produktifitasmu, buatlah tempat kerjamu senyamanan mungkin. Jangan lupa pakai pakaian kerja yang nyaman agar kamu terbawa suasana dan fokus bekerja. Pilihlah tempat yang jauh dari anggota keluarga berkumpul. Mungkin kamu bisa menggunakan ruang kerja yang sudah tersedia di rumah atau bisa juga di kamarmu sendiri. Hindari untuk bekerja di atas kasur, karena akan membuat kamu merasa santai dan tidak fokus bekerja.

Work From Home

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Pria. Buat Kamu yang Pemalu

3. Susun rencana kerja (to do list)
Walau work from home, kamu tetap memiliki tanggung jawab atas pekerjaan rutinitas harianmu. Terkadang karena berada di rumah dan dekat dengan anggota keluarga yang lain, kamu gampang terdestruksi dan pecah fokusnya. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan to do list. Buatlah catatan tentang hal-hal apa yang harus diselesaikan hari ini sebagai pengingat kamu. Walalu sering terganggu oleh anggota keluarga yang lainnya, kamu akan tetap ingat hal-hal yang harus kamu selesaikan hari itu.

4. Video call-an dengan tim atau teman kantormu
Mungkin kamu terbiasa hanya dengan chatting teman kantor selama work from home ini. Namun, gak ada salahnya kok kalian video call-an di sela-sela waktu bekerja dari rumah. Dengan melakukannya, kamu akan merasa temanmu berada dekat disekitarmu. Hal ini bisa memberi dorongan untuk kamu bisa bekerja lebih semangat lagi lho!

5. Nikmati waktu kosongmu dengan explore diri lebih lagi
Jika semua to do list sudah dikerjakan dan kamu masih memiliki sisa waktu kerja yang cukup banyak, coba deh kamu manfaatkan waktu kosong kamu itu dengan explore diri lebih lagi. Lakukanlah apa yang belum pernah kamu lakukan saat kamu sendirian. Misal seperti menyanyikan sebuah lagu dan merekamnya, melakukan doodle art, edit foto-foto liburanmu, atau bahkan menulis di blogmu. Manfaatkanlah waktu kosongmu untuk kesenangan dirimu dan explore kemampuan dirimu lebih jauh lagi.

Baca juga: Corona Jadi Pandemi, Kamu Terancam LDRan?

Summer- Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.