Tips Menghindari Ngutang dengan Pasangan | Love Hack

1.Siapkan dana darurat
Moveoners, apakah kamu tahu yang namanya dana darurat? Dari katanya saja kita sudah bisa tahu bahwa ini adalah dana yang kita siapkan untuk keadaaan darurat alias genting. Jika kalian masih dalam status belum menikah dan tidak memiliki tanggunggan. Setidaknya dana darurat yang wajib dimiliki adalah 3 kali dari total pengeluaran kalian setiap bulannya. Juga, untuk mmepersiapkan dana darurat ini, kalian dapat menyisihkan sedikitnya 15% dari pendapatan kalian setiap bulannya. Sehingga, jika kalian memang benar-benar membutuhkan uang, maka kalian dapat langsung menggunakan uang tersebut dan bukan meminjamnya pada pasangan kalian.

2.Hidup sederhana
Benar adanya, bahwa tak baik jika “lebih besar pasak daripada tiang.” kehidupan mewah memang terlihat nikmat, tapi apabila harus ngutang sana-sini malah hanya akan manis di awal, tapi akan pahit nantinya. Maka dari itu, cobalah untuk tetap hidup sederhana. Bukan berarti harus hidup miskin dan ga boleh beli ini-itu. Tetapi, disini lebih ditekankan kepada untuk selalu mencukupkan diri dengan apa yang sudah dimiliki.
Tips Menghindari Ngutang
Baca juga: Inilah Mengapa Pasangan Meninggalkan Dirimu

3.Berpikir ulang sebelum membeli
Moveoners, ketika kalian sudah mulai berhasil untuk hidup sederhana, maka lambat laun kebiasaan selanjutnya yang akan terjadi adalah; kalian akan selalu berpikir ulang sebelum membeli barang apapun. Beberapa pertanyaan akan mundul di benak kalian, seperti; apakah barang-barang ini benar-benar dibutuhkan? Apakah harga barang ini sesuai dengan nilai dari barang ini? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang akan membuat kalian sangat-sangat teliti sebelum membeli.

Tips Menghindari Ngutang

4.Ganti “Real Shopping” dengan “Window Shopping”
Tak perlu malu jika pergi ke mall walaupun hanya untuk melihat-lihat saja. Toh ga bakal ada petugas mall yang marah-marah jika kalian tak jadi membeli barang tersebut. Jika kebiasaan melihat-lihat baju ataupun barang-barang dan langsung ingin membelinya, mungkin kalian dapat mengenakannya sementara di kamar ganti. Berkacalah sampai puas dan kembalikan barang tersebut ke tempatnya. Intinya, kalian sudah pernah mengenakannya, bukan?
Tips Menghindari Ngutang
Baca juga: Hindari 5 Hal Ini Biar Tak Di Cap Pasangan Alay

5.Kurangi kebiasaan makan di luar
Jika kamu sering beli makan di luar padahal memiliki dapur yang sangat bisa digunakan untuk memasak, maka sudah saatnya untuk mulai menyiapkan makananmu sendiri. Tak harus pusing dengan memasak makanan yang sulit. Menyiapkan sarapan dengan telur dadar dan daging plus susu, tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Jika bosan, kamu dapat berganti menu dengan nasi goreng ataupun mie goreng.

Hujan – Foto: Dok. Unsplash.