Banyak yang mengatakan kalau pacaran LDR itu lebih hemat, karena gak sering ketemu atau kencan nonton ke bioskop, restoran dan agenda mingguan lainnya. Kalian sang pejuang LDR, pasti tahu banget dong gimana pengorbananmu dan pasangan untuk hubungan kalian. Menjalani hubungan LDR cenderung lebih boros daripada mereka yang tinggal satu kota dengan pasangannya. Pasangan LDR butuh banyak modal dalam mempertahankan hubungannya dari modal pulsa, internet, surprise kecil-kecilan hingga tiket pesawat pulang-pergi yang pastinya gak murah. Pejuang LDR penting banget untuk tahu tips ldr tetap hemat, agar masa depan kalian lebih bahagia!

Tentunya kalian para pejuang LDR, jangan lelah untuk tetap menerapkan prinsip hemat pangkal kaya ya! Agar perjuanganmu gak cuma berhenti di tahap pacaran saja, tapi bisa berhasil sampai ke pelaminan! Untuk mendapatkan restu dari orang tua si doi hingga hari H pernikahan, butuh biaya yang gak sedikit. Jadi, gak ada salahnya dari selama masa pacaran ini kamu mulai mengatur pengeluaranmu sambil menabung untuk masa depan.

Karena itu, cobalah simak beberapa tips ldr tetap hemat berikut ini.

1. Buatlah anggaran telfonmu

Cobalah untuk membudgetkan pengeluaran untuk pulsa dan internetmu setiap bulan. 50 ribu? 100 ribu? atau 200 ribu? Sesuaikan dengan pendapatanmu juga ya. Alangkah lebih baik jika telfonan yang menggunakan pulsa hanya dilakukan 2 kali seminggu. Selebihnya kamu bisa lebih banyak menggunakan koneksi internet.

Baca juga: LDR jadi Masalah dalam Percintaan, Benarkah?

2. Jangan terlalu sering mengiriminya kado

Suka dukanya pejuang LDR adalah mau gak mau harus mengirimkan kado ke pasangan pada momen-momen tertentu sebagai pengganti kehadiranmu di sisinya. Gak salah kok ngirimin kado, tapi kembalikan lagi pada prioritas keuanganmu ya. Jika itu adalah momen yang benar-benar penting dan kamu memang tidak bisa hadir di sisi pasanganmu seperti hari ulang tahunnya, kelulusannya, promosi pekerjaan, gak papa kamu ucapkan selamat dan kirimin kado atau parcel. Tapi kalau hanya untuk keinginan-keinginan semata untuk mensurprisekan dia, ya jangan terlalu sering juga. Lebih baik simpan dananya untuk hal yang jauh lebih penting di kemudian hari.

Baca juga: Lima Tips Mengelola Rindu Bagi Pasangan LDR

3. Manfaatkan teman yang akan berkunjung ke kota dimana pasanganmu tinggal

Pasti orang tua kita familiar banget dengan cara ini. Secara zaman dulu, pengiriman logistik masih belum secepat sekarang. Tapi, di masa ini, cara ini tetap efektif dan efisien loh, menitipkan parcel atau kado pada teman yang akan berkunjung ke kota dimana pasangan tinggal. Asalkan volume barangnya jangan terlalu meribetkan teman kita ya. Paketmu bisa sampai dalam 1 hari dan ongkosnya juga jauh lebih murah.

Baca juga:Asem Manis Pahit LDR. Pejuang LDR, Paham Banget!

4. Jangan terlalu sering nongkrong sama teman

Memang pejuang LDR sering merasakan kesepian yang begitu besar, hingga kamu melampiaskannya dengan sering nongkrong sama teman-temanmu. Gak salah kok membangun persahabatan, tapi jangan jadi boros karena sering nongkrong sama teman ya. Ingat, ada biaya-biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk merawat LDR ini.

Baca juga: Mau Hemat Uang Waktu Pacaran? Simak Tips Ini.

5. Atur waktu bertemu secara langsung 2 kali/tahun

Karena kamu harus membayar tiket pesawat pulang-pergi, jadi jangan terlalu sering menginginkan pertemuan secara langsung ya. Kecuali kalau kamu memang memiliki budget lebih. Tapi, ya lebih baik di simpan toh. Bertemu secara langsung per 6 bulan sekali juga sudah lebih dari cukup, asalkan kamu benar-benar menciptakan kenangan dan waktu yang berkualitas dengannya.

Summer – Foto: Dok. Unsplash.