Bunyi bedug yang ditabuh menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Ketika bunyi bedug berkumandang, kamu pastinya langsung berhenti sejenak dari segala aktivitas dan sesegera mungkin untuk berbuka. Namun, tahukah kamu kalau terkadang ini menjadi momen yang membuat dompet bolong?

Kecenderungan untuk lapar mata saat berbuka sangat besar. Pengen makan ini itu, yang manis-manis dan segar-segar. Gak heran selama bulan puasa pengeluaran pun lebih besar. Tapi kamu, para pejuang LDR jangan sampai ikut kecolongan lapar mata ya. Ingat yang sedang kamu perjuangkan!

Untuk itu kamu perlu mengatur menu berbukamu. Nah, kali ini tim Lupain Mantan ingin berbagi tips berbuka yang lebih hemat. Yuk , kepoin aja langsung tipsnya.

1. Konsumsi nasi merah

Tips Buka Puasa Buat-Beras Merah

Pastinya kamu sudah gak asing kan dengan tips ini. Tapi apa kamu sudah menjalankannya? Nasi merah memang memiliki tekstur yang lebih kasar, padat dan cenderung hambar dari nasi putih, namun nasi merah memiliki jauh lebih banyak manfaat dari pada nasi putih. Nasi merah kaya akan serat dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi nasi merah, kamu bisa mengontrol diabetes, memelihara sistem pencernaan, mencegah penyakit jantung, kanker dan bahkan depresi.

Eits, kalau kamu merasa LDR kadang-kadang membuat kamu stress tanpa sebab, udah deh coba ganti nasi putihmu menjadi nasi merah dulu. Stressmu akan berkurang! Satu lagi manfaatnya kamu lebih lama merasa kenyang. Ketika kamu makan nasi merah saat sahur dan buka, kamu gak akan sadar ternyata bisa menjalani puasa seharian tanpa rasa lapar. Coba deh buktiin sendiri.

Baca juga: Tips LDR Tetap Hemat, Agar Masa Depan Lebih Bahagia

2. Cukup konsumsi 2 jenis lauk dengan 3 jenis sayuran dalam seminggu

tips buka puasa buat pejuang ldr- ayam panggang

Dengan membatasi jenis lauk dan sayur-sayuran yang akan dikonsumsi dalam seminggu, kamu bisa lebih hemat. Disisi lain, kamu pun jadi lebih kreatif karena bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang tersedia. Kamu bisa mencoba nya dengan hanya menstok daging ayam dan ikan di freezer.

Dengan stok tersebut, kamu dapat mengolah berbagai menu. Mulai dari sup kaldu ayam, ayam goreng, ayam gulai, ikan goreng, ikan asam manis, sup ikan atau menu lainnya yang bisa disesuain dengan seleramu. Sedangkan untuk jenis sayuran, kamu bisa stok bayam, brokoli dan buncis. Tiga jenis sayuran tersebut dapat bertahan 1 minggu jika disimpan dengan baik. Kamu bisa mengolahnya menjadi tumis brokoli, tumis bayam, tumis buncis atau bisa dicampur dengan lauk. Ini hanya saran saja ya, kamu bebas mengganti jenis lauk dan sayurannya sesuai dengan seleramu.

Hanya, dengan prinsip mengkonsumsi 2 jenis lauk dan 3 jenis sayuran dalam seminggu akan membuatmu tidak lapar mata lagi. Disini kamu belajar kreatif dan mengamankan dompet juga lho!

Baca juga: Memasak Ternyata Bisa Jadi Obat Penghilang Stress Lho!

3. Buat minuman campuran sendiri (Mocktail)

Tips buka puasa buat pejuang ldr - es jeruk nipis

Saat berbuka pastinya ingin minum yang manis-manis dan segar-segar bukan? Mungkin kamu akan tertarik untuk membeli minuman segar seperti es doger, es buah dan lain sebagainya, tapi kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli?

Dari pada jajan diluar, mending kamu buat minuman campuranmu sendiri (mocktail). Contoh mocktail yang mudah untuk dibuat adalah es lidah buaya dengan jeruk nipis dan madu, mocktail natadecoco atau es jeruk nipis. Dengan menyelipkan salah satu diantara 3 jenis minuman tersebut, pastinya kamu akan merasa lebih nikmat dan segar saat berbuka. Selain bisa untuk menghemat, kamu juga tahu kemurnian dari minuman yang kamu buat. Pastinya lebih sehat dan ini juga akan membuat mood mu pun jauh lebih baik.

Nah, itu dia tips buka puasa bagi pejuang LDR yang pastinya mudah untuk dilakukan, bukan? Simple dan hemat. Oh ya, tak lupa juga selalu selipkan nama pasanganmu dalam doa-doamu ya! Agar berkah ramadhan juga ada dalam hubungan kalian! Selamat berbuka!

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Coffee, Teman DiRumahAja

Summer – Foto: Dok. Freepik.