Long Distance Relationship atau LDR itu memang gak gampang. Malah keseringannya buat galau. Galau karena terkadang hati ini ikut terprovokasi dengan omongan orang-orang disekitar. Bahkan tak jarang kamu jadi insecure dengan hubungan yang dimiliki karena mendengar kisah-kisah LDR yang kandas. Apalagi ternyata penyebabnya adalah perselingkuhan . Kamu pun khawatir pacar ldr selingkuh di sana.

Sebenarnya , kecenderungan untuk selingkuh saat menjalani LDR memang ada. Namun , tidak berarti semua pejuang LDR mau berselingkuh ya. Tergantung pada pribadi masing-masing. Jika kamu dan pasanganmu sama-sama menjaga kepercayaan yang diberikan, tentunya kisah cinta kalian tidak akan mudah kandas. Maka dari itu , pastikan kamu sudah mengenal karakter dan kepribadian pasanganmu dengan baik. Sehingga rasa percayamu tidak gampang tergoyahkan dan kamu tidak usah takut pacar ldr selingkuh di sana.

Selain itu , kami tim Lupain Mantan mencoba merangkum alasan yang mendorong pejuang LDR memutuskan untuk berselingkuh. Berikut adalah beberapa alasannya. Coba deh renungkan, apakah pribadi dan keadaan hubungan kalian sedang seperti ini?

1. Komunikasi tidak berjalan lancar

Komunikasi Kurang Lancar

Memang tatap muka langsung adalah komunikasi yang terbaik. Kamu dapat melihat ketulusan seseorang ketika berbicara denganmu. Berbeda halnya dengan komunikasi melalui media. Adanya jarak yang memisahkan membuat kamu dan pasangan tidak berkomunikasi dengan lancar alias terkadang merasa sungkan dan tertutup akan hal-hal tertentu. Inilah sebabnya mengapa seseorang terdorong untuk mencari teman obrol lawan jenis yang berada dalam jangkauannya.

Baca juga: Tips Menangani Masalah Komunikasi Dalam Hubungan

2. Bosan dengan hubungan

Bosan Dalam Hubungan LDR

Karena kalian jarang bertemu, salah satu pihak pun ada yang merasa bosan dengan hubungan asmara yang sedang dijalani. Apalagi kalau diantara kalian tidak ada yang mau berkorban untuk mengeluarkan usaha yang lebih untuk hubungan ini. Misalnya ketika kalian merasa ada kesalahpahaman dalam komunikasi terakhir, salah satu diantara kalian ada yang mau menurunkan egonya dengan terus menghubungi sang pacar agar dia tidak ngambek ataupun salah paham lagi.

Dengan kata lain , salah satu pihak bertindak lebih kreatif. Namun, jika salah satu pihak tidak ada yang mengalah bahkan untuk bertindak lebih jauh pun tentunya akan terasa berat dan rasa jenuh akan hadir dalam hubungan kalian. Ketika seseorang bosan dengan hubungannya, tak dapat dipungkiri mereka akan mencari pelarian di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: 7 Alasan Pria Mudah Bosan Saat Pacaran

3. Membesar-besarkan masalah sepele

Membesar-besarkan masalah

Perdebatan-perdebatan sengit mulai terjadi karena masalah-masalah sepele yang tidak langsung dituntaskan. Misalnya, dia langsung mencurigai dan merundungmu dengan nada ketus ketika kamu lupa membalas chatnya. Atau kamu lupa tidak menelfonnya kembali. Di satu sisi, kamu merasa dia terlalu membesar-besarkan masalah sepele. Namun di sisi lain, dia merasa tidak diperhatikan olehmu.

Namun, inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa beberapa pejuang LDR mulai ragu dengan pasangannya. Bahkan mereka mulai mencari pelampiasan dan kasih sayang dari orang lain, selain pacarnya.

Baca juga: Punya Pacar Berzodiak Virgo? Ini Dia Masalah yang Biasanya Kamu Hadapi

4. Tidak puas secara emosional

Tidak Puas Secara Emosional

Sebuah riset yang dilakukan oleh M. Gary Neuman, The Truth About Cheating, menyebutkan bahwa 48% pria mengakui berselingkuh karena tidak puas secara emosional dengan pasangannya. Selain itu, 40% mereka berselingkuh dengan rekan kerja. Alasannya karena rekan-rekan kerja cenderung suka memberikan pujian pada performa dan pekerjaan mereka di kantor.

Berbeda halnya dengan pria, wanita memiliki kebutuhan yang lebih besar dalam rasa aman dan nyaman. Ketika ada pria disekitarnya atau ditempat kerjanya yang memberikan perhatian dan kenyamanan disaat pasangannya tidak memberikan hal tersebut,, perlahan-lahan dia dapat hanyut dalam pelukan pria tersebut.

Baca juga: Laki-laki Lebih Membutuhkan Dukungan Emosional

5. Kebutuhan Sex

Pacar LDR Selingkuh - The World of the Married - Ji Sun-wo Yeo Da Kyung

Pria lebih banyak membutuhkan sentuhan wanita dalam kesehariannya. Bahkan ini tidak tidak hanya terjadi dalam LDR saja. Sebenarnya, dalam hubungan normal yang berada dalam satu kota ini juga bisa terjadi. Apakah pasanganmu terkadang membahas topik ini denganmu?

Ada beberapa pria yang tidak kuat dan tergoda dengan wanita lain karena kebutuhan sex. Seperti yang terjadi dalam drama The World of the Married. Ji Sun-woo dengan tega berselingkuh dengan Yeo Da-kyung dibelakang isterinya, Lee Tae-oh.

Namun kamu tidak perlu cemas jika kamu sudah mengetahui kalau dia bukan tipe pria seperti itu.

Nah, coba deh renungkan ke 5 alasan di atas. Apakah keadaan hubungan kalian sedang berada dalam situasi seperti itu? Jika komunikasi kalian lancar, sehat dan pasanganmu bukanlah tipikal orang yang mudah tergoda dengan orang lain, jangan lagi habiskan waktu untuk meragukan dirinya dan hubungan kalian ya!

Baca juga: Bukti Cinta Bukan Sex Bebas: Sudah Saatnya Untuk Putus

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Freepik. Dok. Youtube.