Sebelum Putus Lakukan Hal-Hal Ini. Jangan Gegabah

Sebelum mengambil jalan keluar untuk berpisah, cobalah untuk mempertimbangkannya lagi. Bukan tidak mendukungmu, tapi kamu harus sadar kalau ketidakcocokan dalam hubungan itu wajar terjadi, apalagi jika karakter kamu dan pasangan memang jelas bertolak belakang. Maka dari itu sebuah hubungan asmara juga dinamakan sebagai proses saling melengkapi. Tapi, namanya menjalani komitmen pasti memang sering banyak cobaan. Ketika kamu merasa mentok dalam hubunganmu, cobalah jangan langsung menyerah, cobalah untuk melakukan hal-hal ini. Sebelum Putus Lakukan Hal

1. Sudah tahu sumber pemicunya?
Semua konflik pasti ada pemicunya, bukan? Kamu dan pacar mungkin berbeda saat menghadapi suatu masalah atau selera yang bertolak belakang dalam menentukan pilihan dalam hidup. Ingatlah, setiap perbedaan pasti punya titik temu yang bisa dicari ketika kalian berdua mau sama-sama menurunkan ego dan mau saling bertoleransi.

2. Sudah coba untuk berkompromi?
Dalam hubungan, berkompromi berarti kamu dan dia mau saling belajar untuk memahami, menerima dan mengikhlaskan kepentingan masing-masing untuk bersama. Pemikiran sepasang kekasih mestinya memang tak lagi per individu, “aku dan kamu”, tetapi seharusnya “kita”.

Baca juga: Emang ‘Pantes Diputusin’? Mungkin Ini Alasannya

3. Sabar, karena semua butuh proses
Tak semua kisah cinta itu selalu berjalan mulus. Ada banyak kerikil-kerikil kecil yang pastinya akan kalian hadapi. Jika kamu berharap kisah cintamu bisa seindah Cinderella dan pangerannya, itu berarti kamu belum dewasa. Rasa suka dan duka dalam percintaan harus kamu terima dan jalanin . Melewati masa-masa susah pun kamu harus bisa belajar mengontrol emosi dan bersabar adalah kunci utamanya. Butuh proses yang tidak singkat untuk bisa menuju kondisi hubungan yang seperti itu. Nah, jadi ketika ada ketidakcocokan diantara kalian berdua saat ini, jangan langsung menyimpulkan untuk berpisah ya.

4. Bicarakan empat mata dengan kepala dingin
Pembicaraan yang terbuka dan efektif itu hanya bisa dilakukan jika kedua belah pihak mau memberikan diri untuk mendengar dengan kepala dingin. Walau emosi, cobalah untuk menenangkan diri sebelum bertemu dan mulai topik pembicaraan dengan pacar. Turunkan ego dan cobalah untuk mengendalikan keinginan untuk menang sendiri dan hanya didengar. Semua masalah akan kalian temukan jalan keluarnya jika kalian dapat mengkomunikasikannya dengan efektif.

Sekali lagi tetap di ingat ya, perbedaan itu wajar terjadi dalam hubungan asmaramu, jadi jangan cepat emosi dan tetap berpikir dengan tenang ya.

Baca juga: Tanda-tanda Bakal Putus: Zona Merah Dalam Percintaan

Summer – Foto: Dok, Unsplash. Dok. Giphy.