Mungkin ada beberapa Moveoners harus merelakan hubungan asmara yang telah dijalin selama beberapa waktu, kandas di masa Covid-19 atau Corona Virus ini. Berbulan-bulan harus terpisah dan menjaga jarak membuat kalian hanya dapat mengandalkan komunikasi virtual saja. Karena kondisi ini, rasa jenuh dan bosan kerap kali menghampiri ke dua belah pihak. Maka dari itu, banyak pasangan yang ternyata gagal mempertahankan hubungan dan kalian pun memilih untuk berpisah selama masa self-quarantined ini.

Namun, tahukah kamu kalau kamu patut mensyukuri keadaan ini? Berikut ini adalah beberapa penjelasan yang akan membuatmu merasa bersyukur karena putus cinta di saat Corona.

Baca juga: Ini Langkah Awal Disaat Putus Cinta

1. Dia bukan orang yang tepat untuk diajak menua bersama

Menua bersama (1)

Jika dia berani meninggalkanmu di masa seperti ini dengan alasan komunikasi yang kurang lancar, tidak perhatian dan hal-hal lain semacamnya, itu berarti dia belum sepenuhnya dapat mencintai dirinya sendiri. Karena jika dia dapat mencintai dirinya sendiri, dia tidak akan egois. Dia akan sadar bahwa ini adalah masa-masa yang sulit dimana semua orang cukup lebih sibuk dari keadaan biasanya dan merasa sedikit tertekan secara emosi. Jika dia paham akan hal ini, ini akan membuatnya berpikir ribuan kali sebelum mengucapkan kata “putus” dari mulutnya. Jadi, biarkan saja dia pergi, hingga dia dapat mengerti arti cinta yang sebenarnya.

Untuk itu, putus cinta di saat Corona akan menjadi pertanda yang jelas bahwa pasanganmu itu bukanlah orang yang tepat untuk diajak menua bersama. Karena pastinya akan lebih banyak kerikil-kerikil atau cobaan kehidupaan di masa mendatang yang akan dialami dan mungkin jauh lebih berat dari masa Corona ini.

2. Gunakan waktu untuk introspeksi diri dan memperjelas perasaanmu

Putus Cinta - Introspeksi diri (1)

Sehabis putus, kamu tak perlu takut untuk terlihat rapuh. Kamu dapat untuk menutupi wajahmu dengan Faceshield dan masker . Orang-orang disekitarmu tidak akan dapat melihat emosi kekecewaan di wajahmu. Kamu sangat bisa mengekspresikan kekecewaanmu di momen seperti ini.

Namun, alangkah baiknya jika kamu menggunakan waktu ini untuk mengintrospeksi diri dan memperjelas kembali perasaanmu padanya. Hal apa yang dulu membuat kamu sangat menyukai dirinya? Cobalah buka lebih lebar penilaianmu terhadap dirinya. Mungkin selama ini kamu menutupi dan menyangkal kekurangannya yang sebenarnya kamu tidak terlalu suka.

Cobalah juga untuk memperjelas tentang perasaanmu dan jujur pada dirimu sendiri. Apa yang sebenarnya kamu harapkan dari seorang “pacar“? Dan apa yang kamu harapkan dari calon “teman hidup” mu di kemudian hari nanti?

Baca juga: Pelajaran dari putus cinta, Penting Dibaca!

3. Habiskan waktu untuk hal-hal positive yang membuat kamu lebih mencintai dan lebih bangga akan dirimu sendiri

Putus Cinta di masa Corona (1)

Di era new normal ini, kita masih dianjurkan untuk tetap menjaga jarak. Pastinya kamu juga masih belum memiliki banyak rencana untuk bertemu dengan teman-teman, bukan? Apalagi saat ini kamu sudah berstatuskan single. Kamu pasti memiliki banyak waktu untuk dirimu sendiri.

Nah, tim lupain mantan sangat menganjurkan kamu untuk menggunakan momen ini untuk melakukan hal-hal yang membuatmu lebih mencintai dirimu sendiri dan bangga akan apa yang telah kamu lakukan. Misal dengan menghabiskan banyak waktu dengan menjadi teman untuk sang adik, saudara maupun orang tuamu yang sudah semakin menua. Adikmu yang memiliki ketakutan tidak bisa mengikuti ujian masuk kuliah tahun ini karena regulasi-regulasi yang baru, ibumu yang mulai berfikir untuk pindah ke lingkungan desa yang lebih damai karena sudah ingin menikmati masa tuanya, ayahmu yang bingung karena tuntutan ibumu yang begitu banyak, dan lain-lain sebagainya.

Sebagai saudara dan anak, kamu pun menjadi tergerak untuk memahami dunia mereka dan apa yang mereka rasakan saat ini. Kamu sadar kalau dunia tidak melulu tentangmu dan sang mantan. Pastinya kamu mengusahakan kebahagiaan untuk mereka. Disaat seperti ini kamu juga merasa bahagia dan bangga terhadap dirimu sendiri atas apa yang telah kamu lakukan.

Atau kamu dapat mempelajari hal-hal baru dan mengupgrade diri di sela-sela waktu kosongmu. Akan ada begitu banyak hal yang dapat kamu pelajari dan membukakan perspective barumu dalam melihat dunia ini, dari hal-hal yang sederhana hingga hal-hal yang kompleks. Berikanlah waktu untuk dirimu dapat mengeksplor dan melakukan hal-hal yang kamu senangi.

Baca juga: Pelajaran Cinta yang Baru Kamu Ketahui Setelah Putus

Dengan kamu menghabiskan waktu seperti itu, kamu akan dapat mencintai dirimu lebih lagi. Mengapa? Karena ketika seseorang sudah mengenal dan mencintai dirinya sendiri, dia akan lebih memahami hal-hal apa yang dapat membuat dirinya bahagia dan dia butuhkan. Salah satunya, kriteria , karakter dan sifat yang diinginkannya dari seseorang yang akan menjadi “teman hidup” nya di kemudian hari.

Summer – Foto: Dok. Unsplash.com