Pasangan Berperilaku Kasar: Jangan Langsung Putus | Love Hack

Moveoners, percayalah tak ada satu orang pun di dunia ini menginginkan pasangan yang bersikap atau berperilaku kasar kepada tambatan hatinya. Akan tetapi, hal ini bisa saja kelihatan disaat keduanya sudah melewati hubungan lebih dari satu tahun. Mengapa? Karena di awal-awal hubungan semuanya masih terlihat indah dan belum ketahuan sisi buruk dari pasanganmu.

Ketika kamu sudah mulai merasakan bahwa pasangan berperilaku kasar (sebagai salah satu bentuk sifat buruknya) maka, jangan terburu-buru untuk langsung memilih putus. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Komunikasikan hal ini dengannya
Ketika kamu sebagai pasangan merasakan bahwa doi mulai beeperilaku kasar kepadamu, maka hal-hal awal yang harus kamu lakukan adalah mengomunikasikan hal ini dengan pasanganmu. Sehingga dia menyadari sikapnya dan mulai belajar untuk tidak berlaku semena-mena denganmu dab tau bagaimana caranya bersikap
Pasangan Berperilaku Kasar
Baca juga: Toxic Relationship? Jangan-Jangan Kamu Penyebabnya

Jangan pernah untuk menerima perilaku kasarnya
Jika kamu selalu mengiyakan apa kata pasangan walaupun doi selalu berperilaku kasar padamu, baik itu dari caranya berbicara ataupun doi berani untuk main tangan bahkan kaki, maka secara tidak langsung kamu menyetujui apa yang telah dilakukannya. Oleh karena itu jangan takut untuk menegurnya jika dia sudah kelewatan batas. Hal ini akan membuatnya menyadari bahwa perilaku kasarnya sama sekali ga bisa kamu tolerir.

Tunjukkan padanya mana hal-hal yang salah
Jika dia tetap tak berubah walaupun kamu sudah mengomunikasikan hal ini dan menegurnya, maka hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menunjukkan padanya hal-hal mana yang salah. Katakan padanya secara baik-baik dan tunjukkan tindakan mana yang salah dan mana yang kasar, sehingga dia tidak mengulanginya lagi. Satu hal yang penting, jangan pernah menegurnya di saat di depan umum, karena hanya akan semakin membuat masalah semakin runyam dan dia malah semakin tidak respek denganmu.

Pasangan Berperilaku KasarTak perlu marah dengan cara berlebihan ketika kamu kesal dengannya
Pasangan bisa saja melakukan tindakan kasar di depan umum ataupun disaat kalian sedang berdua saja. Jika kamu membalasnya dengan bertindak kasar juga, maka kamu juga ikut salah dan cenderung membuatnya semakin bertindak kasar padamu. Lalu, apa hal yang harus dilakukan? Berikan tanda yang membantu pasangan untuk menyadari bahwa ia sudah bersikap kasar, seperti dengan mengetukkan jari di meja atau batuk. Akan tetapi, informasikan hal ini sebelumnya dengan pasangan agar dia bisa tau tanda darimu.
Pasangan Berperilaku Kasar
Baca juga: Cara Mengenali Toxic Relationship Sejak Awal

Mintalah bantuan dari profesional
Jika perilaku pasangan sudah terlalu sulit untuk dikendalikan, maka hal yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan hubungan kalian adalah dengan meminta bantuan profesional seperti psikolog ataupun psikiater dalam mengatur tempramennya. Sehingga dengan penanganan khusus, diharapkan dapat mengurangi dan menghilangkan perilaku kasarnya.

Perlu dicatat bahwa kamu dapat menolerir dengan tidak langsung mengatakan putus, jika pasangan benar-benar ingin berubah dan menghilangkan kebiasaan buruknya ini.

Hujan – Foto: Dok. Unsplash.com