Pernahkah Moveoners merasa hidup gitu-gitu aja? Setiap orang pasti pernah mengalami rasa bosan dengan kehidupannya yang terlihat stagnan atau gitu-gitu aja. Bahkan , ada beberapa orang yang juga merasa tersiksa dengan segala rutinitas yang sedang dilakukan saat ini.

Jika Moveoners sedang merasakan hal ini, calm down dulu ya. Coba deh sadari hal ini. Detik dimana kamu merasa bosan atas hidupmu yang terlihat gitu-gitu aja, detik itu juga kamu sadar kalau kamu sebenarnya mempunyai keinginan untuk berubah.

Ketika Moveoners memiliki kesadaran ini, selamat! Kamu sudah memiliki modal untuk mengubah nasibmu saat ini. Step selanjutnya adalah jangan memberikan dirimu goyah dengan pilihan yang ingin kamu ambil.

Merasa Hidup Gitu-Gitu Aja

Baca juga: Dilema di Usia 20-an. Momen Dimana Banyak Perubahan Dalam Hidupmu

Namun, sebelum memutuskan untuk mengambil satu tindakan yang akan mempengaruhi hidupmu ke depannya, cobalah untuk melakukan refleksi diri. Refleksi diri merupakan proses melihat kembali pengalaman yang telah kamu jalani dan mengambil lesson learned sebelum kamu mengambil langkah baru di hidupmu.

1. Tanyakanlah pada dirimu sendiri apa yang dapat membuatmu termotivasi dan bersemangat?

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui refleksi diri. Kamu akan mampu memahami diri sendiri pada tingkat yang lebih dalam dan hal ini sangat penting untuk kesuksesan di semua bidang kehidupan.

Ketika kamu meluangkan waktu untuk refleksi, tak hanya kesadaran yang meningkat, tetapi juga meningkatkan keinginan untuk memperbaiki diri, dan perbaikan diri akan meningkatkan kepercayaan diri dan tingkat harga dirimu loh, Moveoners!

Baca juga: Ingin Hidup Lebih Bahagia? Coba 3 Cara Sederhana Ini!

2. Jika pertanyaan “Bagaimana jika gagal?” muncul di kepalamu, cobalah ganti dengan “Bagaimana jika berhasil?”

Hal yang wajar jika seseorang pernah terjebak meragukan dan mempertanyakan rencana yang akan dia ambil. Bahkan terkadang ketakutanmu akan resiko kegagalannya membuat kamu menjadi was-was dan pada akhirnya membatasi kreatifitasmu. Kamu tidak terlalu banyak mencoba atau mengexplore ide-ide baru atau kemungkinan lainnya. Buruknya lagi, kamu menjadi seorang yang pesimis.

Maka dari itu, jika pertanyaan “Bagaimana jika gagal?” muncul di kepalamu, cobalah untuk menggantinya dengan pertanyaan “Bagaimana jika berhasil?” Pola pikir optimis akan mendekatkanmu menuju pintu keluar dari zona nyaman. Dengan kamu mengubah cara berpikirmu seperti itu, kamu tanpa sadar juga mengubah segalanya menjadi sesuatu yang memungkinkan untuk dicapai.

Nah, semoga setelah kamu melakukan refleksi diri , kamu semakin percaya diri untuk mengambil step selanjutnya ya, Moveoners! Oh ya, jangan lupa untuk bersyukur dan bahagia selama proses keluar dari perasaan hidup gitu-gitu aja!

Baca juga: Ingin Menyerah Menemukan Cinta? Ingat 5 Hal Ini

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.