Mau Putus Baik-Baik? Begini Caranya| Lupain Mantan

Setiap hubungan asmara pasti ada ujungnya, entah putus ditengah jalan atau maut yang memisahkan. Kalau kamu punya alasan tertentu yang mendorong hubungan kalian untuk berakhir, tentunya harus diakhiri secara damai dong. Nggak mau kan musuhan sama mantan? Secara kalian berdua sudah sama-sama dewasa. Jadi, pastikan kamu selalu mengakhiri hubungan dengan baik ya! Coba deh simak cara-cara Lupain Mantan saranin untuk kamu lakukan supaya hubunganmu nggak berakhir dengan drama.

Akhiri dengan dewasa
Jika mau mengakhiri suatu hubungan, jangan pernah menghilang begitu saja bagaikan hantu. Kecuali pasanganmu abusive atau berpotensi mengancam keselamatanmu. Bersikaplah dewasa dan temui dia secara langsung. Hindari mengatakan putus lewat sms atau telfon, karena kamu akan terkesan tidak menghargainya dan juga pengecut. Beranikan diri untuk mengatakan bahwa kamu sudah nggak mau berhubungan dengannya lagi, tapi nggak perlu pakai emosi ya! Memang sih tetap terdengar jahat, tapi inilah cara yang harus dilakukan supaya hubunganmu berakhir secara jelas.

Jangan menunda hanya karena gugup
Lebih cepat, lebih baik. Jangan menunda-nunda dengan alasan menunggu waktu yang tepat kalau sebenarnya, kamu hanya gugup. Jika kamu terus mengulur waktu, pasangan akan perlahan sadar dengan gerak-gerikmu yang aneh dan berbeda dari biasanya. Terlebih lagi, kamu akan merasa kasihan karena dia sepertinya sudah bisa menebak bahwa kamu akan mengakhiri hubungannya. Supaya nggak ada drama di antara kalian, bersiaplah dari sekarang dan stop mengulur waktu!
putus baik-baik
Baca juga: Sebelum Memutuskan Untuk Putus: Jawab 3 Pertanyaan Ini

Hindari kata-kata yang berbelit
Katakanlah dengan tegas namun sederhana. Sampaikan alasannya secara garis besar saja. Jangan menjelaskan bagian-bagian yang nggak penting untuk dibicarakan, seperti misalnya “Aku mau mengakhiri hubungan ini karena aku capek dengan sikapmu yang selalu mengabaikanku, dan terlalu fokus dengan pekerjaanmu!” Kalau begini, bisa jadi kamu akan memancing emosinya dan membuat keadaan semakin buruk. Yang tadinya mau putus secara damai, jadi harus ribut deh karena dia nggak terima dengan perkataaanmu.

Jaga jarak setelah putus
Memang sih kalau sudah putus secara baik-baik seharusnya kalian masih bisa berhubungan sebagai status teman. Tapi, kalau tetap rutin balas chat dan angkat telfon dari dia, jadi nggak ada bedanya dong hubungan kalian saat sebelum dan sesudah berakhir? Ada baiknya kamu membuat batasan tertentu yang bisa kamu lakukan setelah kalian tidak bersama lagi. Misalnya, balas chat sepentingnya saja dan menolak untuk bertemu sementara waktu. Dengan begini, mantanmu akan mengerti seperti apa hubungan yang kamu inginkan setelah putus darinya.

Jangan sampai kamu plin-plan!
Banyak orang yang terlena dan memutuskan untuk kembali lagi dengan sang mantan hanya karena mereka memohon untuk balikan dan berjanji akan berubah. Berhati-hatilah, jangan sampai kamu menerimanya lagi hanya karena rasa kasihan. Kamu akan merasa nggak nyaman saat menjalani hubungan dan pada akhirnya ingin putus lagi. Ini bisa jadi bibit dari ‘drama’, karena pacarmu akan menganggapmu plin-plan dan merasa kamu hanya mempermainkan perasaaanya. Jadi sebaiknya, bulatkan dulu keputusanmu dari awal sebelum mengakhiri hubungan supaya nggak plin-plan nantinya.

Baca juga: Tanda Pria Mau Putus. Hati-Hati Wanita!

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.