Kerap kali seseorang yang menangis dinilai sebagai sosok yang cengeng dan lemah. Dalam masyarakat, wanita lebih dianggap wajar untuk menangis saat mengungkapkan perasaan mereka. Sedangkan pria dipandang sebagai pecundang jika menangis. Karena menangis dipandang sebagai hal yang tabu untuk pria.

Persepsi tersebut adalah hal yang salah. Menangis adalah hal yang wajar bagi pria dan wanita. Tidak ada yang salah dengan menangis. Karena menangis adalah bagian dari emosi manusia. Tidak melulu menunjukkan emosi sedih, kecewa dan marah, tapi saat kamu merasa bahagia ataupun terharu kamu juga dapat meluapkan emosimu melalui tangisan. Namun, bukan berarti kamu akan menangis seperti anak bayi dan tidak tahu tempat ya.

Untuk Moveoners yang masih takut untuk meluapkan emosi dengan menangis, ada baiknya kamu menyimak beberapa manfaat dari menangis di bawah ini.

1. Membuat Mental Lebih Kuat

Manfaat menangis lupain mantan (1)

Dengan mengungkapkan perasaanmu melalui tangisan kamu secara tidak sadar akan merasa rasa stressmu berkurang. Karena berdasarkan riset, menangis juga bisa merangsang produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membuat dirimu merasa lebih baik, mengurangi rasa sakit, dan meredakan stres.

Baca juga: Menggapai Impian dan Tujuan Hidup Setelah Patah Hati

Meskipun dengan menangis tidak dapat memecahkan permasalahanmu ataupun mengubah situasi yang sedang kamu hadapi, namun dengan menangis kamu justru akan merasa lebih siap dan tegar menghadapi permasalahanmu saat ini.

2. Meningkatkan mood

Manfaat Menangis

Banyak orang telah mengakui kalau dirinya merasa jauh lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang buruk.

Baca juga: Hikmah Dari Patah Hati Yang Kamu Rasakan

3. Menyehatkan mata

Manfaat Menangis Lupain Mantan

Ternyata menangis juga bisa menjadi cara yang baik untuk membersihkan mata dari kotoran loh! Karena dengan mengeluarkan air mata yang juga mengandung lysozyme, dapat membunuh 90-95 persen bakteri hanya dalam beberapa menit.

Baca juga: Ini 4 Alasan Mengapa Cinta Itu Satu Paket antara Bahagia dan Air Mata?

4. Membuat tidurmu lebih nyenyak

Tidur lebih nyenyak (1)

Saat kamu menangis, kamu meluapkan semua emosimu. Tanpa kamu sadari, otak akan merasa lebih rileks. Hal ini akan mempengaruhi kualitas tidurmu yang lebih nyenyak di malam hari.

Terlepas dari manfaat menangis di atas, tetap saja ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Seperti, jangan menangis secara berkepanjangan. Karena ini akan membuatmu memiliki victim mindset dan kamu pun tidak bisa fokus bekerja dan mengganggu produktivitasmu. Kedua, menangislah di tempat yang tepat. Kamu tidak maukan asal di judge dengan orang lain dan akhirnya merasa malu sendiri? Hindarilah untuk menangis di tempat umum, pergilah ke tempat lain yang nyaman untuk menangis. Terakhir, menangislah di depan orang yang kamu sayang dan berharga bagimu. Karena dengan menunjukkan dan meluapkan emosimu di depan mereka, kamu tidak akan merasa malu, bahkan kamu akan merasa nyaman. Sedangkan mereka akan berusaha untuk menenangkanmu dan bersama-sama mencari jalan keluar untuk permasalahanmu. Bonding hubungan diantara kalian pun akan semakin erat.

Baca juga: Putus Cinta Saat Corona? Pas Buat Lupain Mantan

Summer – Foto: Dok.Unsplash. Dok. Giphy.