Buat kamu yang baru patah hati, ketahuilah kalau kami, tim lupain mantan, pengen kamu tetap bahagia! Walau kamu tidak bisa lari dari kenyataan tapi kamu bisa loh mengambil waktu untuk menyendiri sebentar. Keluarlah dari segala rutinitasmu dan tenangkan dirimu sejenak.

Namun, dalam masa-masa tenang ini, jangan menyakiti dirimu dengan melakukan hal-hal diluar kesadaran dan kemampuanmu ya. Lebih baik kamu lampiaskan emosimu dan tenangin pikiranmu dengan berolahraga. Salah satunya dengan bersepeda.

Kegiatan bersepeda kembali booming selama masa pandemi covid-19 atau corona virus belakangan ini. Bukan karena ikut-ikutan, namun karena masyarakat kita semakin memahami pentingnya menjaga kesehatan.

Saat kamu bersepeda, kamu akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan baik untuk fisik maupun psikis. Manfaat bersepeda buat kamu yang baru patah hati, seperti:

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Dengan bersepeda kamu akan memperkuat otot jantung dan menurunkan kadar lemak dalam darah. Bersepeda juga terbukti dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Kalau kamu masih belum percaya, coba deh kamu googling keyword “negara dengan lansia tersehat di dunia”, pasti yang keluar adalah negara-negara yang sedari dini sudah mengajarkan masyarakatnya untuk bersepeda. Seperti negara Denmark!

Baca juga: Ingin Hidup Lebih Bahagia? Coba 3 Cara Sederhana Ini!

2. Meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan postur tubuh

Ketika bersepeda, secara otomatis kamu akan mempertahankan keseimbangan tubuh. Bersepeda juga dapat melatih dan meningkatkan koordinasi keselarasan antara fungsi penglihatan, tangan dan kakimu. Bahkan bersepeda juga dapat membantumu memperbaiki postur tubuh jika dilakukan dengan benar!

Baca juga: Olahraga Saat Galau, Buat Kamu Makin Cantik!

3. Memperkuat otot kaki

Dengan bersepeda, kamu dapat memperkuat otot kakimu. Karena kamu akan mengkayuh pedal sepeda dimana membutuhkan tekanan yang konstan. Selain daripada itu, dengan sering bersepeda juga akan membantumu untuk mengurangi resiko osteoporosis loh!

Baca juga: Berdamai Dengan Masa Lalu? Belajar Memaafkan

Bertemu Orang Baru Setelah Patah Hati (1)

4. Menghilangkan stress

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau berolahraga ataupun melakukan segala aktivitas fisik akan membantu meningkatkan produksi hormon dopamine. Sama halnya dengan bersepeda. Bersepeda mampu meningkatkan produksi hormon dopamine! Bahkan dengan bersepeda, kamu juga dapat menikmati ketenangan yang dibawa oleh hembusan angin segar yang kamu rasakan selama bersepeda. Tentunya, perasaanmu akan jauh lebih baik dan hal ini akan mengurangi rasa stressmu.

Baca juga: Hikmah Dari Patah Hati Yang Kamu Rasakan

5. Bertemu orang baru

Tak jarang kamu akan bertemu dengan orang-orang baru saat bersepeda. Baik itu bertemu dengan sesama bikers ataupun kamu berhenti sejenak untuk membeli makanan atau minuman di tengah perjalanan. Bertemu orang baru tentunya akan menjadi pengalaman yang lebih baik untukmu.

Baca juga: Menggapai Impian dan Tujuan Hidup Setelah Patah Hati

Ternyata bersepeda sangat bermanfaat ya. Manfaat bersepeda buat kamu yang baru patah hati pasti akan berasa banget! Cobain deh sering-sering bersepeda!

Summer – Foto: Dok. Unsplash.