Pernyataan tentang perempuan lebih lemah daripada laki-laki memang benar. Karena kemampuan fisik seorang perempuan jauh lebih lemah dari kemampuan fisik seorang laki-laki. Tapi akan berbanding terbalik jika dilihat dari aspek mental dan emosional. Berdasarkan penelitian, ketika sudah menikah, laki-laki lebih membutuhkan dukungan mental dan emosional dari perempuan yang dicintainya dibandingkan perempuan dari laki-laki yang dicintainya.

Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Perempuan secara alami terlahir sebagai makhluk yang emosional
Perempuan dari kecil sudah terlatih untuk lebih sering melibatkan perasaan mereka. Kebiasaan itu memampukan mereka untuk dapat mengatasi masalah batinnya sendiri. Sedangkan laki-laki tidak terbiasa untuk melibatkan perasaan mereka. Makanya ketika laki-laki mengalami masalah yang berhubungan dengan perasaan dan menekan mentalnya, mereka jauh lebih mudah down dan terpuruk.

Laki-laki lebih membutuhkan dukungan

Baca juga: Membuat Seseorang Jatuh Cinta Padamu

2. Perempuan memiliki lebih banyak social support daripada laki-laki
Ketika menghadapi masalah, perempuan akan dengan mudah untuk terbuka dan menceritakannya pada saudara, teman-teman ataupun sahabat perempuannya. Berbeda dengan laki-laki yang jarang menceritakan masalah pribadi pada sesama laki-laki. Mereka akan merasa canggung dan aneh jika terlalu terbuka tentang masalahnya. Sehingga social support yang diterima laki-laki sangat terbatas. Inilah mengapa ketika sudah menikah dan jatuh cinta, laki-laki akan lebih bergantung secara emosional pada istrinya. Karena istrinya akan menjadi orang yang dipercaya dan nyaman menjadi tempat curhatannya.

3. Laki-laki bergantung pada perempuan
Sering kali kita mendengar kalimat ‘Behind every successful man, there is always a woman’. Ya, memang benar adanya. Laki-laki sangat bergantung pada perempuan setelah menikah. Istrinya akan mengubah dia dari sosok yang ‘liar’, menjadi sosok yang ‘manja’ tapi penuh tanggung jawab. Seringkali perempuan mengorbankan impian mereka demi untuk dapat mendukung dan memastikan selalu berada si sisi sang suami dalam mencapai impian suaminya. Mulai dari bangun tidur, urusan makanan hingga urusan pekerjaan, laki-laki lebih membutuhkan dukungan sang istri. Jadi kalau sang istri tidak berada di sisinya, dia akan sangat merasa kehilangan.

Baca juga: Tak Hanya Kecantikan, Ini 3 Hal yang Dicari Pria dari Wanita

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.