Kalau stres, nyemilin kacang pistachio aja. Lebih sehat!

Moveoners merasa gak kalau di saat lagi berusaha lupain mantan, rasa stres itu terkadang muncul. Saking merasa tertekannya, tak jarang kita malah melakukan pelarian dengan mengkonsumsi banyak makanan. Tahu gak alasannya karena apa?

Menurut Allison Knott, seorang pakar diet dari Amerika Serikat, saat kita sedang stress, hormon kortisol dalam tubuh kita akan meningkat. Dimana dengan meningkatnya hormon ini, nafsu makan kita pun semakin meningkat. Maka dari itu, banyak orang yang sedang mengalami tekanan emosi atau stress mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Banyak dari mereka memiliki badan yang cukup berisi bahkan menjadi buncit.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bantu Kamu Cepat Move On!

Sebenarnya, memiliki nafsu makan yang meningkat mungkin tidak menjadi masalah bagi beberapa orang. Namun, jika kamu asal mengkonsumsi jenis makanan tanpa mempertimbangkan nutrisi yang masuk, kamu malah akan menimbun bibit bibit penyakit loh. Misal, jika kamu tidak mengontrol konsumsi cokelat yang kamu sukai, bisa saja kadar gula dalam darahmu meningkat dan berakhir menjadi seorang penderita diabetes. Atau jika kamu asal mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan, rendang , dan makanan bersantan, kamu pun bisa berakhir menjadi penderita kolesterol.

Nah, daripada asal mengkonsumsi makanan, ada baiknya kamu memilih jenis makanan atau cemilan tertentu yang akan kamu konsumsi saat kamu stres. Salah satunya adalah kacang pistachio.

Kacang Pistachio

manfaat Kacang pistachio (1)
Makanan Ajaib, Kacang Pistachio.

Kacang ini adalah jenis kacang yang berasal dari negara timur tengah, seperti Iran. Kacang ini cukup unik karena bagian luarnya memiliki warna krem sedangkan bagian dalamnya berwarna hijau muda. Biasanya kacang pistachio sering dijadikan sebagai bahan untuk penghias makanan ataupun topping.

Baca juga: Bad Mood Diputusin Pacar? Ini Makanan Mood Booster-mu

Manfaat

Jika kamu rutin mengkonsumsi kacang pistachio atau menjadikannya sebagai cemilanmu di saat kamu stres, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini.

Menurunkan kadar kolesterol

Kacang pistachio merupakan kacang yang kaya akan nutrisi bermanfaat dan mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Lemak nabati yang ada dalam kandungan kacang pistachio mampu melawan kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Baik untuk penderita diabetes

Beberapa dokter malah menganjurkan penderita diabetes untuk mengkonsumsi kacang ini loh. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor dalam kacang ini mampu memecah protein menjadi asam amino yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Menyuburkan rambut

Stres terkadang membuat rambut kita menjadi rontok. Dengan kamu mengkonsumsi kacang pistachio, konsumsi vitamin e mu akan bertambah dan baik untuk memelihara dan menyuburkan rambutmu. Bahkan kamu bisa mengolahnya dan menjadikannya sebagai masker rambutmu loh!

Summer – Foto: Dok. Freepik.com