Moveoners, tahu gak sih kalau sebentar lagi kita akan memperingati hari Pancasila? Setiap tanggal 1 Juni kita memiliki hari libur nasional untuk merayakan dan memperingati hari lahirnya Pancasila. Namun, apakah Moveoners benar-benar memahami makna yang sebenarnya? Bukan sekedar memperingati saja ya. Melainkan ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari Pancasila. Seperti halnya dalam mencintai. Maksudnya bagaimana? Ini loh penjelasannya.

Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nah, sebagai rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa artinya semua orang yang hidup di Indonesia memiliki standard cara hidup dan cara pandang yang sama. Termasuk dalam hal mencintai. Untuk mendapatkan cinta dari orang yang hidup di Indonesia kamu harus memahami pedoman hidup mereka.

Agnes Monica - Pancasila

Baca juga: DiRumahAja Ternyata Menyenangkan Lho!

Ketika kamu menginginkan orang lain mencintaimu, coba deh lihat kembali ke asas-asas Pancasila, apakah kamu sudah benar-benar menerapkannya dalam kehidupanmu sehari-hari? Karena cinta akan hadir ketika kamu bisa memahami dan menyatu dengan prinsip yang dipegang.

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Sebagai warga yang tinggal di Indonesia, semua orang mengakui keberadaan Tuhan yang Maha Esa dan bahkan mengenyam salah satu sistem kepercayaan. Jika kamu tidak mengakui prinsip ini, kamu akan kesulitan menerima cinta dari orang yang hidup di Indonesia. Karena prinsip ini sudah mendarah daging.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Tahu kan kalau orang Indonesia itu ramahnya pakai banget? Hal ini dikarenakan orang Indonesia memiliki prinsip kemanusiaan yang sudah diajarin dari masa kecil mereka. Dalam hidup bersama, manusia harus adil dan beradab. Menghargai keberadaan orang lain merupakan salah satu caranya. Karena itu, sikap ramah tamah yang ada ditengah-tengah masyarakat Indonesia adalah salah satu bentuk penerapannya. Jadi, kamu pun harus belajar ramah pada orang lain.

Mata Najwa shihab - Pancasila

Baca juga: Work From Home, Ini Tips Agar Tetap Produktif

3. Persatuan Indonesia

NKRI harga mati! Sering dengar kata ini? Ya, jangan sekali-kali kamu membawa perpecahan bangsa Indonesia. Sekali kamu nyebarin fitnah ataupun hal-hal sensitif tentang bangsa Indonesia, sudah deh, kamu akan habis dibenci sama semua orang.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

Nah, orang Indonesia itu suka banget kalau diajakin diskusi. Kalau kamu memiliki pendapat atau cara pandang tertentu, wajib banget bagimu untuk bisa menjelaskannya dengan kepala dingin dan juga terbuka dengan pendapat orang lain. Dengan cara ini, kamu akan banyak mendapatkan simpati dari orang lain loh!

VJ Daniel Mananta Damn I Love Indonesia- Pancasila

Baca juga: Menciptakan Kenyamanan Dalam Hubungan: Ini Tips Ampuhnya

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Prinsip yang terakhir ini membuat orang Indonesia mudah simpati pada mereka yang dapat bersikap adil pada sesamanya. Gak mau menang sendiri ataupun serakah. Maka dari itu orang Indonesia suka banget dengan tipikal orang yang mau berbagi. Nah, kalau kamu ingin dapatin simpati seseorang, jangan lupa untuk tunjukin ke dia kalau kamu orangnya ga mau menang sendiri dan bisa berbagi dengan orang lain ya!

Jika Moveoners dapat menerapin Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kamu juga akan mudah mendapatkan cinta dari orang lain!

Summer – Foto : Dok. Wikipedia. Dok. Youtube.