Hikmah Dari Patah Hati Yang Kamu Rasakan | Inspiration

Katanya cinta itu indah, namun nyatanya tidak selalu berakhir bahagia. Adakalanya cinta berakhir tak sesuai angan. Menghilang tanpa alasan, dikhianati, ditinggal pergi adalah sekian sebab dari patah hati. Rasa sakit tak bisa dihindari, apalagi jika sudah berkali-kali. Rasanya hidup sudah kehilangan arti. Namun, bukankah selalu ada hikmah di balik setiap cobaan? Termasuk patah hatimu. Bagi kamu yang sedang mengalami, segeralah berdamai dengan kenyataan. Sadari bahwa ada 5 hikmah ini di balik patah hati yang lebih dari sekali.

1. Kamu lebih mengerti tentang arti mengikhlaskan
Semua yang datang pada akhirnya akan pergi. Termasuk dia yang kau cintai. Berkali-kali menghadapi kehilangan membuatmu mengerti cara mengikhlaskan. Hingga nanti jika kamu terpaksa harus kehilangan lagi, hatimu tidak akan sesakit saat pertama kali merasakannya. Karena kamu sudah berlatih ikhlas sebagai obatnya.
Hikmah Dari Patah Hati
Baca juga: 7 Lagu Galau Saat Patah Hati yang Wajib Kamu Dengarkan

2. Lebih pandai mengendalikan hati
Ketika nanti datang cinta selanjutnya, kamu pasti sudah lebih pandai mengendalikan hati. Sakitnya patah kemarin membuatmu sadar bahwa cinta yang terlalu dalam ternyata tidaklah baik. Kini kamu bisa mengendalikan hati agar tak lagi berharap terlalu tinggi. Atau sekadar menggantungkan kebahagiaanmu padanya.

3. Semakin banyak kegagalan, semakin banyak pelajaran
Tak bisa dipungkiri, setiap kegagalan memberimu pelajaran. Termasuk dalam hal cinta. Kegagalan hubungan yang lalu pasti terjadi karena suatu kesalahan, dan kamu telah menjalani itu. Kelak ketika kamu sudah menemukan cinta sejati, seharusnya kesalahan itu tak perlu terulang lagi. Karena kamu sudah tahu sakitnya, dan kamu tahu cara mengatasinya.

Hikmah Dari Patah Hati

4. Terjatuh berkali-kali buat hatimu jadi tahan banting
Terjatuh berkali-kali membuat hatimu semakin kuat. Setelah ini, tidak akan lagi ada tangis ketika tersakiti. Sakit yang demikian tak mampu lagi menghancurkan hatimu. Hati itu kini sudah sangat kuat dengan tempaan patah yang dulu. Kamu pun mampu memandang hidup dengan cara berbeda. Bahwa untuk menjadi kuat, seseorang harus melewati sakit yang teramat sangat.
Hikmah Dari Patah Hati
Baca juga: Sakit Tapi tak Berdarah, Patah Hati Karena Mantan Menikah

5. Introspeksi dan terus memperbaiki diri
Pada akhirnya, sisi terbaik dari patah hati adalah introspeksi dan memperbaiki diri. Dari titik patah hati, kamu akan melihat diri lebih dalam. Mengintrospeksi setiap kesalahan sebagai bahan memperbaiki diri. Hingga nanti ketika jodohmu benar-benar datang, dirimu sudah dalam keadaan baik dan siap. Karena orang baik akan bertemu orang baik, begitu pula sebaliknya.

Patah hati memang sakit, apalagi kalau berkali-kali. Namun jangan terlalu lama menikmati sakit ya. Karena selalu ada hikmah yang bisa dipetik dari setiap patah yang pelik.

Disalin dari IDN Times, Hamdani Dinul Haq