Yuk cek gejala depresi karena mantan!

Sebagai manusia normal, amarah dan rasa sedih adalah emosi murni manusia yang kerap kali muncul. Apalagi itu dikarenakan sebuah kejadian yang sulit, menyakitkan, atau mengecewakan. Salah satunya seperti kehilangan seseorang yang cukup berarti sebelumnya, seperti sang mantan.

Bahkan jika sebelumnya seseorang terlalu mencintai sang mantan, depresi kerap kali menghampirinya. Depresi merupakan penyakit mental yang bisa dipicu oleh ketidakstabilan emosi dan hormon otak dalam jangka panjang. Seseorang yang depresi karena kehilangan sang mantan, memiliki suasana hati, perasaan, stamina, selera makan, pola tidur dan konsentrasi yang buruk. Biasanya mereka akan merasa hilang semangat atau motivasi, putus asa dan nelangsa, terus-menerus merasa sedih dan gagal, dan mudah lelah. Namun mereka tidak menyadari kalau diri mereka sedang mengalami depresi.

Gejala Depresi Karena Mantan

Baca juga: Ingin Hidup Lebih Bahagia? Coba 5 Cara Sederhana Ini!

Untuk itu, bagi Moveoners yang telah membaca artikel Lupain Mantan ini, kamu atau mungkin ada sohibmu yang baru mengalami putus cinta bisa mengecek keadaan kalian dengan memperhatikan gejala-gejala berikut ini:

1. Suka menarik diri dari lingkungan sosial dan keluarga
2. Selalu merasa sedih, hampa, atau putus asa hampir sepanjang hari dan hampir setiap hari.
3. Kehilangan semangat, motivasi, energi, dan stamina seolah-olah tidak ada harapan lagi
4. Sulit atau bahkan tidak bisa mengambil keputusan
5. Mengalami penurunan/kenaikan nafsu makan dari hari-hari biasanya dan mengalami penurunan berat badan/ kenaikan berat badan drastis
6. Tidak mau keluar kamar
7. Sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih
8. Sulit mengingat
9. Merasa bersalah, gagal, dan sendirian
10. Merasa rendah diri dan tidak berharga
11. Mudah kecewa, marah, dan tersinggung
12. Memiliki rasa cemas yang berlebihan.
13. Hilang minat pada hal-hal yang biasanya disukai
14. Tidak mau terbuka untuk bercerita pada orang-orang dekatnya
15. Memiliki pikiran untuk bunuh diri dan/atau mencoba bunuh diri

Kebanyakan orang salah mengartikan gejala depresi ini sebagai rasa sedih yang kerap terjadi jika seseorang belum bisa menerima kenyataan kalau harus kehilangan sang mantan. Namun jika kondisi seperti ini bisa berlangsung terus-terusan selama lebih dari enam bulan, ada baiknya kamu mengecek keadaanmu atau sohibmu dengan lebih saksama. Karena tanpa kamu sadari, depresi membuat seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk bangkit tergantung bagaimana dirinya menyikapi situasi dan support yang di dapatkan dari orang-orang sekitarnya.

Baca juga: Menggapai Impian dan Tujuan Hidup Setelah Patah Hati

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.