Semakin meluasnya penyebaran virus Corona, COVID-19, di Indonesia, social distancing yang dianjurkan oleh Presiden, Joko Widodo, memang menjadi pilihan yang terbaik. Belajar dari rumah, bekerja dari rumah, bahkan ibadah dari rumah akan sangat berdampak dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19. Dengan tetap DiRumahAja, kamu juga bisa membantu rumah sakit dan klinik untuk bekerja dengan efektif. Karena jika penyebarannya berkurang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) pun juga ikut berkurang,. Dengan keadaan seperti ini, Rumah Sakit dan klinik tidak akan mengalami peningkatan pasien secara membludak dan itu sangat baik. Karena jika tim medis kelelahan, siapa yang akan membantu merawat ODP lainnya? Padahal jika ODP lainnya tidak tertangani dengan baik, disinilah angka kematian dapat melonjak secara tinggi dan akan menjadi situasi yang menakutkan, bukan?

Nah, karena kita masih dianjurkan untuk DiRumahAja hingga akhir bulan ini (sementara waktu), ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selain belajar, bekerja dan ibadah lho! DiRumahAja ternyata menyenangkan, karena kamu bisa melakukan hal-hal personal yang kamu suka, seperti :

1. Movie Marathon
Bak mercies in disguise, kamu jadi punya banyak waktu untuk nonton film-film favoritmu yang tertunda dari kemarin-kemarin dikarenakan kesibukan pekerjaan. Ya, pastinya selesaikan dulu ya pekerjaan kantor ataupun tugas sekolahmu, baru lakukan movie marathon-nya. Apalagi sekarang banyak banget platform yang ngasih kamu nonton dirumah secara cuma-cuma! Oh ya, jangan lupa siapkan popcorn bersamamu ya! Atau kalau mau lebih sehat, ganti dengan buah-buahan.

2. Upgrade Skill Memasak
Kerjaan udah beres, movie marathon udah kelar, nah masih ada slot waktu kosong untuk belajar memasak. Saatnya kamu pakai momen ini untuk upgrade skill memasakmu. Pernah dengar kan kalau orang yang bisa memasak itu sexy? Bukan hanya cewek, cowok juga kelihatan sexy di mata cewek kalau bisa memasak. Untuk itu, coba investasikan minimal 1 jam setiap hari selama momen DiRumahAja ini. Mulai saja dari belajar resep masakan mamamu yang jadi favoritmu selama ini. Atau kamu bisa tinggal buka youtube, atau googling resep dan cara memasak masakan yang kamu suka.

Baca juga: Corona Jadi Pandemi, Kamu Terancam LDRan?

3. Grooming
Mungkin selama ini kamu bosan dengan penampilanmu, nah ini waktu yang tepat untuk kembali memperhatikan penampilanmu. Ada begitu banyak tips grooming yang bisa kamu tonton dan terapkan saat kamu DiRumahAja. Kamu bisa belajar mix and match baju-baju kamu yang bisa langsung kamu pakai saat sudah kembali ngantor atau kuliah lagi.

DiRumahAja Decluttering

4. Decluttering
Decluttering adalah kegiatan merapikan dan bahkan membuang beberapa barang yang kurang penting bahkan tidak dipakai lagi olehmu untuk membuat rumah dan ruangan lebih rapih dan lebih spacy. Istilah lainnya adalah bersih-bersih. Walau terkada emang agak susah untuk dilakukan, apalagi kalau barang-barang tersebut memiliki banyak sekali memori, tapi disinilah kamu jadi belajar untuk mengikhlaskan.

Kamu bisa memisahkan barang-barang yang masih akan kamu gunakan, barang-barang untuk diperbaiki. barang-barang untuk di donasikan, atau barang-barang untuk dibuang,

Dengan kamu melakukan decluttering, kamu juga belajar membersihkan dan menata hati dan pikiranmu kembali lho. Jika kamu belum kuat untuk melakukan decluttering ini sendirian, kamu bisa sharing terlebih dahulu dengan orang tua atau saudara-saudaramu di rumah. Mereka mungkin akan bisa membantu kamu dalam membuat pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membuang atau mendonasikan barang-barang yang memiliki kenangan berharga untukmu, seperti barang-barang mantan atau orang yang kamu sayang tapi sudah tidak lagi berada dalam circle terdekatmu.

Itu dia hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan selama momen DiRumahAja kali ini. Saat ini, kamu tertarik mau melakukan yang mana nih ? Semangat mencoba!

Baca juga: 5 Kalimat Ajaib yang Bisa Mempertahankan Cinta Kalian

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy