Tahukah Moveoners kalau pejuang bangsa kita juga tak pelak dari urusan percintaan? Kali ini tim Lupain Mantan ingin membawa kembali cerita cinta dari salah satu pejuang bangsa yang bernama Sutomo atau kerap disapa sebagai Bung Tomo.

Seperti pria normal lainnya, sosok yang dikenal tangguh, heroik, dan membela bangsa dan negara ini pun dapat kepincut dengan kecantikan seorang wanita. Dia menaruh hati pada seorang wanita bernama Sulistina sejak pandangan pertama loh!

Sulistina-Masa kini

Pertemuan Pertama

Kisah cinta Bung Tomo dan sang istri, Sulistina, bermula di Surabaya. Pertemuan pertamanya dengan Sulistina terjadi saat Sulistina ditugaskan di Surabaya. Sebelumnya, Sulistina aktif berkegiatan sosial di Palang Merah Indonesia cabang Malang. Namun, dikarenakan banyaknya korban yang jatuh dalam perjuangan melawan tentara NICA di Surabaya, kantornya mengirim Sulistina bertugas di Surabaya.

Baca juga: Kisah Nyata Cerita Cinta Bukti Kisah Cinta Sejati

Dalam pertemuan pertama, Sulistina tidak begitu memperhatikan keberadaan Bung Tomo yang saat itu sudah sering berorasi dan berbicara dengannya. Bahkan, Sulistina sempat dicap wanita yang sombong oleh Bung Tomo karena tidak begitu menghiraukannya. Namun apa daya, hatinya telah melekat pada Sulistina, dia tidak bisa melihat wanita lain selain Sulistina.

Pertemuan di Malang dan Menjalani LDR

Hingga suatu ketika, Sulistina dipulangkan kembali ke Malang dan bertemu kembali dengan Bung Tomo di acara ulang tahun yang diselenggarakan di salah satu restoran di Malang. Mulai saat itu, mereka pun mulai menjalin hubungan percintaan.

Walau setelah itu Bung Tomo kembali ke Surabaya, mereka menjaga komunikasi diantara mereka dengan saling mengirimkan surat. Mereka jarang bertemu dikarenakan terpisahkan oleh jarak dan kesibukan. Namun, mereka menjalani hubungan dengan rasa percaya yang tinggi satu sama lain. Hal inilah yang membuat Bung Tomo semakin cinta pada Sulistina.

Baca juga: Cerita Cinta: Surat Curahan Hati Pejuang LDR

Surat Cinta  Pada Masa Perjuangan
Penggalan Surat Cinta Sutomo Pada Sulistina

Hingga suatu saat, keadaan Bung Tomo semakin sulit. Surabaya telah dikuasai Sekutu dan dia yang memimpin Barisan Pembrontakan Rakyat Indonesia (BPRI) pun menjadi incaran pihak Sekutu.

Menikah Saat Revolusi

Setelah lebih dari setahun menjalani hubungan jarak jauh (ldr) dengan Sulistina, dirinya memutuskan untuk menikahi Sulistina ditengah perjuangan revolusi. Hal ini dikarenakan dirinya yang tengah menjadi incaran pihak Sekutu. Demi menyelamatkan dirinya, pemerintah Indonesia pun berencana mengirimkannya ke Australia. Karena takut akan kepincut dengan wanita di Australia ataupun Sulistina dipinang oleh orang lain, dia pun mantap ingin meresmikan hubungan ini dan membawanya ke jenjang pernikahan sebelum dia diterbangkan ke Australia.

Ide pernikahan ini membuat beberapa golongan muda yang berada dalam kelompok pejuang mulai meragukan kegigihan dirinya dalam perjuangan revolusi. Namun, dia berjanji pada para golongan muda ini bahwa dia hanya ingin menikah saja tapi tidak akan melakukan haknya sebagai suami-istri hingga keadaan semakin membaik. Akhirnya, mereka pun menikah di Juni 1947 dengan pernikahan yang sederhana.

Bung-Tomo-dan-Sulistina

Baca juga: Cerita Cinta: Lionel Messi, Pejuang LDR Berakhir Bahagia

Walau pada akhirnya dia tidak jadi dikirim ke Australia, tapi dia tetap mentaati janjinya. Hingga akhirnya Sekutu dapat dikalahkan.

Nah, itu dia cerita cinta dari Bung Tomo! Benar-benar penuh perjuangan ya, Moveoners! Semoga cerita cinta Bung Tomo ini dapat menginspirasimu dan membuatmu semakin termotivasi untuk berjuang dengan kisah cintamu. Karena cinta memang harus diperjuangkan! 🙂

Summer – Foto: Dok. Boombastis. Dok. Unsplash.