Kamu tidak akan pernah merasa bahagia, jika kamu masih sering dibayang-bayangi oleh perasaan bersalahmu di masa lalu. Lebih sulit lagi jika kamu berharap dapat membuka hati pada orang baru padahal kamu masih belum bisa lepas dari rasa bersalahmu.Kamu masih belum berdamai dengan masa lalumu. Hal tersebut akan mempengaruhi sisi psikologismu lho. Misal, jika di masa lalu kamu pernah tenggelam di kolam renang dan hal ini membuatmu sampai sekarang tidak bisa berenang. Kamu sudah berkali-kali mencoba untuk ikut latihan tapi kamu malah berakhir mengundurkan diri dari agenda latihan renang tersebut.

Beban emosi dari masa lalu, seperti kekecewaan, amarah, frustasi dan rasa kehilangan, mungkin tanpa kamu sadari masih membayangimu hingga saat ini.

Baca juga: Hikmah Dari Patah Hati Yang Kamu Rasakan

Karena itu belajarlah untuk berdamai dengan masa lalu mu terlebih dahulu. Jika kamu berbuat salah di masa lalu, maafkanlah dirimu sendiri dan biasakan untuk tidak terus-menerus menyalahkan diri sendiri tentang kejadian tersebut.

Dengan memafkan, kamu bisa mengurangi risiko depresi, kecemasan dan masalah kejiwaan yang lainnya.

Kamu dapat mencoba untuk memaafkan dirimu sendiri dengan melakukan cara berikut:

1. Kenali & sadari kesalahan di masa lalu secara spesifik

Jika kamu masih merasa sulit untuk memaafkan diri sendiri, apalagi itu dikarenakan kegagalan kamu dalam menjalankan misi penting atau bahkan melukai orang lain. Mungkin kamu terlalu larut dalam menyalahkan diri sendiri. Untuk itu, cobalah untuk mengenali dengan spesifik kesalahanmu.

Dengan kamu mengetahuinya secara spesifik, kamu dapat menganalisa kesalahan tersebut dan mulai melepaskan pengampunan untuk dirimu sendiri. Sadarilah jika perasaan sakit hati, pikiran bersalah, bahkan perasaan stres yang timbul setiap kali kamu memikirkan perbuatanmu tersebut adalah hal yang sebenarnya akan membuat kamu merasa lebih buruk. Untuk itu, cukup sadari letak kesalahanmu, dan bertekadlah untuk tidak mengulanginya kembali dan jadilah pribadi yang lebih baik.

Berdamai dengan masa lalu

Baca juga: Masa Lalu Adalah Hal yang Sulit Untuk Dilupakan Pria

2. Tebus kesalahan di masa lalu dengan berbuat baik

Berbuat baik adalah cara yang paling tepat untuk memperbaiki diri. Dengan berbuat baik, kamu dapat mengubah hidup menjadi lebih baik dan memaafkan dirimu sendiri. Setiap kali kamu teringat akan kesalahan yang pernah diperbuat di masa lalu, cobalah gantikan dengan memikirkan semua hal-hal baik yang telah kamu lakukan. Lihatlah semua hal dalam berbagai macam perspektif, sehingga kesadaran kalau kamu telah berubah menjadi pribadi yang lebih baik pun timbul dan lama-kelamaan akan menggantikan perasaan bersalahmu dengan perasaan menyenangkan tentang dirimu sendiri.

3. Ganti rasa bersalahmu dengan rasa syukur

Saat kamu sedang belajar bagaimana memaafkan diri sendiri, berikanlah waktu pada dirimu mengganti semua perasaan bersalahmu dengan rasa syukur. Kamu bisa mulai dengan mengucap syukur atas kehidupan yang kamu rasakan saat ini. Ketika telah memaafkan diri sendiri dari kesalahan di masa lalu, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dan siap untuk berbagi kasih sayang pada orang sekitar.

Semoga kamu dapat berdamai dengan masa lalu secepatnya ya, Moveoners agar kamu dapat hidup lebih bahagia!

Baca juga: Menggapai Impian dan Tujuan Hidup Setelah Patah Hati

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.