Apa Alasan Kamu Berkencan? | Personal

Pertemuan kencan pertama akan sangat memainkan peran penting dalam menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil nantinya. Selama pertemuan awal, dua orang yang sedang mendambakan pujaan hati ini memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain dan dari sinilah keduanya pun dapat menilai apakah mereka cocok atau tidak. Oleh karena itu, kencan pertama harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan hasil yang maksimal pula. Jika kamu membaca artikel ini, merupakan saat yang pas untukmu mengerti dan meksplorasi alasan mengapa dirimu berkencan.

Baca juga: 5 Topik Kencan Pertama yang Buat Moveoners Nggak Mati Kutu

Tujuan Berkencan

Merupakan hal penting untuk menentukan tujuan kencan. Para psikolog menggunakan sampel 210 remaja yang terdiri dari siswa kelas 6, kelas 11 dan mahasiswa untuk mememeriksa:
(1) mengapa mereka memiliki berkencan dan (2) apa alasan mereka berkencan, berdasarkan usia mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang lebih muda memandang kencan dari perspektif yang egosentris (hanya berorientasi ke diri sendiri), sedangkan remaja yang lebih tua lebih fokus untuk memiliki hubungan yang sehat dan bertahan lama. Secara khusus ada beberapa alasan tujuan berkencan berbeda dari para remaja yang diidentifikasi sebagai hasil penelitian, yaitu:- rekreasi
– sosialisai
– peningkatan status (saat berpacarn dengan orang populer di sekolah / kampus)
– eksperimen seksual (jangan ditiru)
– persahabatan
– ingin langsung berpacaran
– ingin lanjut ke jenjang pernikahan

Apa Alasan Kamu BerkencanApa Alasan Kamu Berkencan

Penelitian lain yang dilakukan oleh Mongeau, Serewicz dan Thierren pada yahun 2004, meneliti 144 tujuan berkencan mahasiswa. Studi ini, yang terutama berfokus pada FDG, menemukan bahwa tujuan yang paling sering disebutkan adalah untuk mengenal satu sama lain denngan lebih baik. Tujuan lain, yang dideskripsikan oleh lebih dari separuh partisipan, adalah peningkatan relasional atau menyelidiki kemungkinan hubungan di masa depan. Perbedaan gender juga diamati karena pria lebih mungkin melaporkan tujuan aktivitas seksual daripada wanita, dan wanita lebih mungkin mendiskusikan potensi jangka panjang dan persahabatan. Faktanya, pria empat kali lebih mungkin dibandingkan wanita untuk menyebutkan tujuan seksual. Tujuan yang paling umum disebutkan (mengenal satu sama lain, eskalasi relasional, kesenangan, dan persahabatan), dilaporkan sama oleh pria dan wanita. Perbedaan gender lebih menonjol untuk tujuan yang jarang disebutkan. Meneliti alasan mengapa orang berkencan itu penting, karena itu menunjukkan bahwa ada banyak tujuan yang ingin dicapai. Alasan mengapa satu orang memilih untuk pergi berkencan mungkin tidak selaras dengan tujuan pasangannya. Oleh karena itu, menilai tingkat komitmen dan minat yang dimiliki seseorang pada Anda saat berkencan mungkin sedikit lebih menantang daripada yang kami pertanggungjawabkan sebelumnya.

Baca juga: Kamu Mesti Tahu, Ini Etika Diajak Kencan Gebetan

Apa Alasan Kamu Berkencan

Hujan, sumber:
https://www.psychologytoday.com/us/blog/finding-love-the-scientific-take/201806/getting-know-you
https://unsplash.com/photos/E_1Uk4pcIK4
The Bachelor Surprise GIF by KFC Australia - Find & Share on GIPHY