Tahukah Moveoners, kalau banyak pejuang cinta yang tidak sadar telah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat? Biasanya, ini sering terjadi pada mereka yang telah menjalani hubungan selama bertahun-tahun.

Ada banyak alasan mengapa hubungan asmara yang tidak sehat tetap bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

1. Terlalu Pemaaf & Percaya Pasangan akan Berubah

Penelitian tahun 2018 oleh Yale, University of Oxford, University College London, dan the International School for Advanced Studies dalam jurnal Nature Human Behaviour mengemukakan bahwa setiap orang memiliki kecenderungan untuk memaafkan orang lain. hal yang sama berlaku dalam hubungan asmara. Sikap yang terlalu pemaaf ini juga lah yang membuat seseorang masih ingin mempertahankan hubungannya walau dia sudah dikecewakan berkali-kali. Juga, dia percaya kalau setelah dimaafkan, pasangannya akan berubah seiring berjalannya waktu.

2. Tidak Berani Melawan & Takut Kehilangan

Beberapa orang pernah dibohongi, ditipu, diabaikan bahkan mendapatkan perlakuan buruk secara fisik dari pasangannya. Namun, mereka memilih untuk tetap berada dalam hubungan tersebut. Mengapa? Karena dia tidak berani melawan pasangannya.

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak berani melawan pasangannya. Salah satunya adalah karena ketergantungan pada pasangan. Dia tidak bisa membayangkan dirinya lepas dari pasangannya. Mungkin selama ini, dia membiarkan pasangannya yang mengontrol dan mendominasi hubungan asmaranya. Dia pun menjadi terbiasa dipimpin, dikontrol dan diperhatikan. Tentunya, akan sangat berat baginya untuk melawan pasangannya apalagi kehilangan pasangannya.

Baca juga: Masalah Dalam Hubungan Percintaan: Wajib Dibaca!

Kedua alasan di atas menjadi penyebab terbesar mengapa seseorang dapat bertahan dalam hubungan yang tidak sehat selama bertahun-tahun. Untuk itu, Moveoners perlu menjadi pribadi yang lebih bijak dan berani memperjuangkan kebahagiaan diri sendiri. Bagaimana caranya?

Salah satunya dengan cara sering melakukan evaluasi diri dan hubungan asmaramu. Berikut adalah 5 tanda hubungan harus segera berakhir yang dapat membantumu memahami kondisi asmaramu saat ini.

1. Cinta Terlalu Berlebihan

Katanya cinta, tapi kok dia membatasi pergaulanmu? Membatasi hubunganmu dengan keluarga? Membatasi pekerjaan dan karirmu?

Semua yang namanya berlebihan memang tidak baik, bukan? Jika pasanganmu terlalu posesif dan terobsesi denganmu, hubungan asmara yang kamu jalani patut untuk dipertimbangkan kembali. Ingat, di dalam hubungan yang sehat, masing-masing ke dua belah pihak harus bisa bertumbuh dan melengkapi satu sama lain. Bukan hanya salah satu pihak saja ya, Moveoners!

2. Manipulatif

Manipulatif yang dimaksud disini adalah pasangan berhasil mengikat dirimu dengannya. Pasangan berusaha untuk mempengaruhi keputusan, tindakan, dan emosimu dengan cara yang halus dan tanpa kamu sadari. Sehingga kamu nyaman dengannya dan percaya dengannya. Apa yang dia katakan sepertinya paling benar, hingga segala aspek kehidupanmu pun berorientasi padanya.

Baca juga: Tanda Hubunganmu Tak Akan Berlanjut ke Ikatan Serius

3. Membuatmu Merasa Rendah Diri

Apakah pasanganmu sering berkomentar sinis tentang dirimu, misalnya dalam tata cara berpakaianmu, pertemananmu, keluargamu dan bahkan kepribadianmu? Setelah itu, kamu merasa rendah diri? Jika demikian, pastinya kamu sudah berada dalam hubungan yang tidak sehat saat ini. Dalam hubungan yang sehat seharusnya kamu memiliki kepercayaan diri yang meningkat dan semakin sayang pada dirimu sendiri.

4. Tidak Bertanggung Jawab

Apakah pasanganmu sering tidak mau mengakui kesalahannya? Atau tidak mau berkomitmen pada janji yang telah disepakati? Mungkin pasanganmu memiliki masalah dalam hal tanggung jawab. Untuk lebih memudahkan, kamu dapat mengamati keseriusannya dalam bekerja. Jika dia tidak memiliki pekerjaan tetap, bahkan tidak memiliki ambisi ke depannya namun hanya berbicara besar tentang dirinya, sudah deh ini waktunya bagimu untuk meninggalkannya.

5. Berbohong & Selingkuh

Jika pasanganmu sering ketahuan berbohong, jangan meremehkan sikapnya ini ya. Karena dari kebohongan kecil bisa bermunculan seribu kebohongan berikutnya. Apalagi kalau dia sudah mulai main api dengan berselingkuh di belakangmu! Tidak ada yang bisa mentolerir kebohongan dan perselingkuhan. Jadi, jangan sia-siakan waktumu untuk orang seperti ini ya, Moveoners! Segera akhiri hubunganmu, dan temukan pribadi yang lebih baik lagi.

Masih banyak ikan di laut, toh?

Baca juga: Toxic Relationship? Jangan-Jangan Kamu Penyebabnya

Summer – Foto: Dok. Unsplash. Dok. Giphy.