Hari Lebaran tiba! Lebaran kali ini terasa berbeda karena berlangsung di masa pandemi. Lebaran kali ini hanya dapat dirayakan di rumah dan bahkan bersilaturahmi harus secara virtual. Walau begitu, masih ada loh beberapa tradisi Lebaran yang tetap dilakukan di masa pandemi ini. Salah satunya adalah sajian menu khas Lebaran yang selalu ada. Seperti opor ayam, rendang, dan sayur ketupat.

Baca juga: Bad Mood Diputusin Pacar? Ini Makanan Mood Booster-mu

Walau terlihat sederhana, rasa sajian menu khas Lebaran jauh lebih nikmat dibanding disantap di hari-hari biasa. Namun, Moveoners harus berhati-hati karena sajian menu khas Lebaran ini cukup berbahaya untuk kesehatanmu karena mampu menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk itu cobalah untuk mengontrol kadar kolestrol yang dikonsumsi selama Lebaran dengan beberapa cara berikut ini.

Baca juga: Memasak Ternyata Bisa Jadi Obat Penghilang Stress Lho!

1. Batasi diri, secukupnya.

Semua yang berlebihan ngak baik, bukan? Ada baiknya jika kamu tetap membatasi jumlah makanan bersantan yang dikonsumsi di hari Lebaran. Bisa dari porsinya yang dikurangin atau menyantapnya maksimal hanya dua kali sehari. Selain itu, kurangi juga untuk menyantap gorengan, seafood, ataupun yang mengandung mentega.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Penghujan Ini

Buah Berry

2. Konsumsi sayur dan buah lebih banyak

Jika kamu memiliki kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, pembuluh darahmu akan tersumbat. Fatalnya, hal ini dapat memicu serangan jantung. Namun, jika kamu menyeimbannginya dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, kadar kolesterolmu mampu diturunkan. Karena sayur mengandung antioksidan dan serat larut yang tinggi.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bantu Kamu Cepat Move On!

3. Olahraga

Walau merayakan Lebaran di rumah, bukan berarti setelah merayakannya kamu langsung mengistirahatkan tubuhmu tanpa ada pergerakan yang cukup untuk tubuhmu ya. Selama Lebaran, kamu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung santan. Jadi sudah seharusnya kamu menyelipkan agenda untuk berolahraga selama Lebaran! Ngga perlu olahraga berat kok. Olahraga ringan saja sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bergerak sehingga kadar lemak berlebih tidak menumpuk dan membahayakan kesehatanmu.

Baca juga: Cara Merayakan Anniversary Ditengah Pandemi Corona

Summer – Foto: Dok. Liputan6.